Proposal

Project Luar Kelas
CBDC – TFI
Character Building : Kewarganegaraan



Judul Project :
Pembuatan dan Penjualan Rendang sebagai Wujud Pelestarian Budaya Lokal


Kelas :
LP01


Kelompok 5


No.
NIM
Nama
Jabatan
1.
2101635643
Alvin Pranata
Anggota
2.
2101643701
Anggiasyifa Utrechtsa
Anggota
3.
2101652965
Fenita Nurmazelda
Anggota
4.
2101657234
Prima Hadipurnawan
Anggota
5.
2101634395
Sarah Avilia Gautama
Anggota
6.
2101639364
Theresia Rewina Kumayas
Ketua



BINUS UNIVERSITY
2018

HALAMAN PENGESAHAN PROPOSAL

Project Luar Kelas Character Building : Kewarganegaraan


1.
Judul Project
:
Pembuatan dan Penjualan Rendang sebagai Wujud Pelestarian Budaya Lokal
2.
Lokasi (tempat)
:
BINUS University                                  
3.
Waktu
:
4-5 April 2018

4.
Kelompok Target Kegiatan
:
Mahasiswa Jurusan Food Technology 2021
5.
Nama Anggota Kelompok
:


1.    Alvin Pranata
:
2101635643

2.    Anggiasyifa Utrechtsa
:
2101643701

3.    Fenita Nurmazelda
:
2101652965

4.    Prima Hadipurnawan
:
2101657234

5.    Sarah Avilia Gautama
:
2101634395

6.    Theresia Rewina Kumayas
:
2101639364
6.
Mata Kuliah
:
Character Building Kewarganegaraan
7.
Kelas
:
LP01
8.
Dosen
:
Adie Erar Yusuf (D4664)



Jakarta, 28 Februrari 2018


Mengetahui




(Adie Erar Yusuf)
D4664
Ketua Kelompok




(Theresia Rewina Kumayas)
2101639364



DAFTAR ISI


Lembar Cover ................................................................................. 1
Lembar Pengesahan .................................................................... 2

Bab 1 : Pendahuluan..................................................................... 4
1.1       Latar belakang…………………………………………….4
1.2       Tujuan…………………………………………………...…4
1.3       Rencana kegiatan………………………………………...4

Bab 2 : Konsep............................................................................... 6
            2.1    Konsep nasionalisme…………………………………….6
          2.2    Konsep patriotisme..……………………………………...6

Bab 3 : Metode Kegiatan............................................................... 8
          3.1    Bentuk kegiatan……………………………………..........8
          3.2    Pelaksana kegiatan………………………………...…….8
          3.3    Tempat & waktu pelaksanaan…………………………..8
3.4    Anggaran kegiatan………………………………...……..8

Referensi.......................................................................................... 9












BAB I
PENDAHULUAN


1.1        Latar Belakang
Kebudayaan merupakan salah satu identitas bangsa yang harus dilestarikan oleh tiap masyarakat. Kebudayaan dapat mencerminkan kepribadian suatu bangsa dan menjadi suatu "nilai jual" untuk dikenal oleh bangsa lain. Kebudayaan sangatlah beragam mulai dari tradisi, pakaian, musik, dan bahkan makanan. Salah satu contoh makanan khas Indonesia adalah rendang yang berasal dari Sumatera Barat.
Pada tahun 2011 rendang dinobatkan oleh CNN sebagai makanan terlezat di dunia. Hal ini membuktikan bahwa negara kita mempunyai kebudayaan yang bernilai tinggi dan patut dilestarikan. Namun seiring perkembangan zaman dan arus globalisasi, banyak makanan dari luar negeri yang masuk ke Indonesia dan menyebabkan sebagian masyarakat (terutama generasi muda) lebih menyukai atau lebih tahu tentang jenis makanan yang berasal dari luar negeri dibandingkan dengan makanan asli Indonesia sendiri. Apabila hal ini terus berlanjut dari generasi ke generasi, maka kebudayaan bangsa kita bisa tergerus dan pada akhirnya punah sehingga "nilai jual" bangsa kita menjadi turun karena tidak lagi mempunyai keunikan apapun.
Oleh karena itu, sehubungan dengan pentingnya pelestarian kebudayaan Indonesia dalam rangka membendung arus globalisasi, kami selaku mahasiswa/i Bina Nusantara University bersama dengan Teach for Indonesia (TFI) ingin berpartisipasi dalam kegiatan pembuatan dan penjualan rendang guna mempromosikan dan melestarikan budaya lokal.

1.2        Tujuan
·        Melestarikan budaya lokal
·   Mengajak mahasiswa jurusan Food Technology untuk lebih mengenal rendang
·        Mengetahui proses pembuatan rendang

1.3        Rencana Kegiatan
Hal pertama yang kami lakukan yaitu berkomunikasi dengan dosen dan melakukan penyusunan proposal untuk diajukan. Setelah itu kami meminta surat pengantar kegiatan dari LSC yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan kami. Lalu proses pembuatan rendang kami laksanakan di salah satu rumah anggota kelompok kami yang bertempat di Apartemen Serpong Green View Jl. Lengkong Gudang Timur, BSD, Tangerang. Barulah pada keesokan harinya rendang tersebut dijual di kelas.
Waktu pelaksanaan pembuatan rendang kami rencanakan dilangsungkan pada tanggal 4 April sesudah kuliah selesai dan diperkirakan memakan waktu sekitar 3 jam. Setelah proses pembuatan selesai, rendang akan disimpan terlebih dahulu dan akan dijual keesokan harinya yaitu tanggal 5 April pada saat jam istirahat di Binus University. Proses penjualan ditargetkan dapat selesai dalam satu sesi jam istirahat, apabila tidak maka akan dilanjutkan pada jam istirahat berikutnya.





BAB II
KONSEP


2.1    Konsep Nasionalisme
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam Listiyarti (2007:26), nasionalisme berasal dari kata nasional dan isme yaitu paham kebangsaan yang mengandung makna kesadaran dan semangat cinta tanah air, memiliki rasa kebangsaan bangsa, atau memelihara kehormatan bangsa.
Menurut John Hutchinson (2000:34), nasionalisme lebih mengarah kesebuah fenomena budaya daripada fenomena politik, karena nasionalisme berakar pada etnisitas dan budaya promodern. Gerakan politik nasionalisme adalah sarana mendapatkan kembali harga diri etnik saat terjadi krisis identitas kebudayaan dan menjadi modal dasar membangun sebuah negara berdasarkan kesamaan budaya. Semangat kebangsaan akan mengalir rasa kesetiakawanan sosial, semangat rela berkorban dan dapat menumbuhkan jiwa patriotisme. Rasa kesetiakawanan sosial akan mempertebal semangat kebangsaan suatu bangsa.

2.2    Konsep Patriotisme
Menurut Legimin (2014), patriotisme adalah rasa kecintaan dan kesetiaan seseorang pada tanah air dan bangsanya, kekaguman pada adat kebisaan, kenggaan terhadap sejarah dan kebudayaannya serta sikap pengabdian demi kesejahteraan bersama. Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, patriotisme adalah sikap dan semangat yang sangat cinta kepada tanah air sehingga berani berkorban jika diperlukan oleh negara.
Kami selaku mahasiswa/i Bina Nusantara University berusaha menanamkan nilai Kewarganegaraan melalui kegiatan penjualan rendang untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya lokal. Hal yang kami lakukan telah dirundingkan dan dipersiapkan dengan matang, serta dalam kegiatan penjualan rendang telah dibagi secara adil bagian-bagian pembuatan dan penjualan dan juga selama kegiatan kami selalu berperilaku sopan, menaati aturan, serta tidak mempermalukan almamater Bina Nusantara University. Kegiatan ini juga dilakukan bukan semata-mata hanya untuk kepentingan kami saja tetapi juga untuk seluruh warga supaya bisa merasakan manfaatnya di kemudian hari. Kami berharap kegiatan yang kami lakukan ini dapat membantu mempromosikan rendang yang merupakan salah satu kebudayaan Indonesia.




BAB III
METODE KEGIATAN


3.1    Bentuk Kegiatan
Berikut ini merupakan beberapa kegiatan yang akan kami lakukan yaitu:
1.    Melakukan pembuatan rendang
2.    Melakukan penjualan rendang

3.2    Pelaksana Kegiatan
Selama kegiatan berlangsung, orang-orang yang akan terjun langsung ke lapangan yaitu kami selaku para volunteer. Berikut ini merupakan nama-namanya:

No.
NIM
Nama
Jabatan
1.
2101635643
Alvin Pranata
Anggota
2.
2101643701
Anggiasyifa Utrechtsa
Anggota
3.
2101652965
Fenita Nurmazelda
Anggota
4.
2101657234
Prima Hadipurnawan
Anggota
5.
2101634395
Sarah Avilia Gautama
Anggota
6.
2101639364
Theresia Rewina Kumayas
Ketua

3.3    Tempat dan Waktu Pelaksanaan
         
Tempat
a) Rumah                        : Apartemen Serpong Green View Jl. Lengkong Gudang Timur, BSD, Tangerang

b) BINUS University        : Jalan Jalur Sutera Barat Kav. 21, Panunggangan, Pinang, Kota Tangerang, Banten 15143

Waktu         : 10.00 – 13.00 (pembuatan) dan 11.00 – 11.20 (penjualan)


3.4    Anggaran Kegiatan
Anggaran kegiatan disesuaikan dengan kebutuhan kegiatan, anggaran maupun biaya transportasi dapat ditambah atau ditanggung oleh masing-masing anggota.






REFERENSI

Hutchinson, John and Smith, Anthony D. 2000. Nationalism: Critical Concepts in Political Science. London: Routledge.

Legimin, Vera Yunitasari. 2014. Pengaruh Pemahaman Sejarah Perjuangan Bangsa terhadap Sikap Nasionalisme pada Materi PKN Siswa Kelas X Di SMA Pgri Pekalongan Tahun Pelajaran 2012/2013.  Universitas Lampung: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

Listyarti, Retno. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Esis.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Akhir dan Video Akhir